Jumat, 21 September 2007

Hama Kacang Panjang 1

Lalat bibit/lalat kacang (Agromyza sp)

Hama ini menyerang batang leher akar (pangkal batang). Umumnya yg diserang tanaman muda. Spesies yg menyerang adalah Agromyza phaseoli.

Ciri-ciri tubuhnya kecil (1,9-2,2mm) berwarna hitam mengkilap, memiliki antena dan sayapnya berwarna coklat muda. Badan lalat betina lebih besar daripada lalat jantan. Lalat betina bertelur pada keping-keping biji (kotiledon) yg baru berkecambah dekat dg daun pertama. Telur menetas menjadi larva (ulat) yg akan merusak pangkal batang tanaman. Ciri-ciri ulat ini panjang tubuhnya 3 mm, bagian kepala runcing dan bagian belakang tumpul. Waktu menjadi ulat berkisar antara 20 hari (di dataran rendah) sampai 40 hari (di dataran tinggi). Warna kepompong coklat kekuningan.

Tanaman kacang panjang yg terserang hama ini, daunnya berlubang di bagian tepi mengarah ke tangkai daun atau tulang daun. Selanjutnya ulat masuk ke pangkal batang dan merusak pembuluh pengangkutan yg menyebabkan pangkal batang tumbuhnya membengkok dan mengalami pembengkakan atau pecah. Apabila dipotong akan tampak kepompong di dalamnya dan jalan larva berbentuk spiral. Gejala lebioh lanjut, tanaman tampak layu, menguning dan akhirnya mati. Hal ini disebabkan tanaman sdh tdk mampu lagi menyerap air dan zat hara karena berkas pembuluh pengangkutannya sudah rusak. Jika kerusakan tidak parah, tanaman menjadi kerdil. Serangan hama ini meningkat jika turun hujan lebat.