Jumat, 28 September 2007

Hama Kacang Hijau 2

Ulat grayak (Spodoptera litura)

Ulat ini sangat dikenal petani karena menjadi hama berbagai macam tanaman. Selain menyerang kacang-kacangan, ulat ini juga menyerang padi, bawang, cabe, tembakau, serta kubis.

Ulat muda berwarna kehijauan dengan bintik-bintik hitam. Sedangkan ulat dewasa berwarna kecoklatan atau abu-abu gelap dengan bintik-bintik hitam serta garis keputihan. Pada siang hari, ulat ini bersembunyi di dalam tanah dan pada malam hari ulat keluar dari dalam tanah dan menyerang tanaman. Ngengat memiliki sayap bagian depan berwarna coklat keperakan dan sayap bagian belakang berwarna perak keputihan dengan bintik hitam. Seekor ngengat betina dapat bertelur kurang lebih 300 butir. Telurnya berwarna coklat kekuning-kuningan. Telur akan menetas menjadi ulat (larva) setelah 4 hari, ulat-ulat berumur 20 hari untuk kemudian menjadi keponpong. Dengan demikian ulat grayak dapat menyerang tanaman selama 20 hari. Kepompongnya berwarna coklat kemerahan, memiliki ukuran panjang sekitar 16 mm dan kepompong tersebut berada di dalam tanah.

Ulat memakan daun. Daun tampak berlubang-lubang dan pada serangan berat hanya tinggal tulang daunnya saja. Pada umumnya ulat grayak menyerang secara bersama-sama dalam satu tanaman sampai daunnya habis, baru berpindah ke tanaman lain.

info lanjut ? CLICK

Tidak ada komentar: