Rabu, 31 Oktober 2007

Ulat Plutella Brocoli


Ulat Plutella xylostella

Hama yang dikenal dengan nama Diamond-back moth menyelesaikan siklus hidup dari telur sampai ulat berkisar 2-3 minggu. Ngengat betina mempunyai ukuran panjang 1,25 cm, berwarna kelabu, mempunyai 3 titik kuning pada abgian sayap depan. Telur diletakkan di permukaan bawah daun kubis-kubisan baik secara tunggal maupun berkelompok. Telur berbentuk oval, ukuran 0,6x0,3 mm, berwarna kuning, berkilau dan lembek serta akan menetas dalam 3 hari.

Larva mengalami 4 instar yang berlangsung selama 12 hari. Larva instar I panjangnya 1 mm dan lebar 0,5 mm, berwarna hijau kekuningan selama 4 hari. Instar II panjangnya 2 mm dan lebar 0,5 mm, berwarna hijau kekuningan dan berlangsung 2 hari. Instar III panjangnya 4-6 mm, lebar 0,75 mm, berwarna hijau dan berlangsung 3 hari. Instar IV panjangnya 8-10 mm, lebar 1-1,5 mm, berwarna hijau dan berlangsung 3 hari.

Stadium kepompong (pupa) memerlukan waktu antara 6-8 hari selanjutnya menjadi ngengat. Ngengat dapat bertelur sampai 50 butir dalam 24 jam dan dalam setahun dapat menghasilkan 10 generasi.

Gejala yang teramati adalah daun berlubang-lubang seperti jendela yang menerawang, tinggal urat daunnya saja.umumny ulat ini menyerang tanaman muda.

Tidak ada komentar: